Home - About - Sitemap - Contact - Link
::: Zona Ekspresi adalah Majalah sekolah, yang ada di SMA Negeri 1 Padangan :::

Friday, February 13, 2015

Upaya Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Melalui Penggunaan Multimedia (Trusniati Sujitno,S.pd)-Edisi 7

8:12 PM


UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS-1 SMA NEGERI 1 PADANGAN KABUPATEN BOJONEGORO
Oleh: Trusniati Sujitno, S.Pd.
PENDAHULUAN

Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang permasalahan siswa yang kurang tertarik atau memiliki daya tarik yang rendah pada pelajaran ekonomi karena cara penyampaian materi yang monoton dan membosankan. Rendahnya daya tarik terhadap pelajaran ekonomi menyebabkan siswa menjadi sulit untuk memahami dengan benar materi yang disampaikan oleh guru.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Seberapa besar penggunaan multimedia dapat meningkatkan motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Padangan pada pelajaran ekonomi? 2. Seberapa besar penggunaan multimedia dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Padangan pada pelajaran ekonomi?

MEDIA PEMBELAJARAN
Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa yang menjurus ke arah terjadinya proses belajar. Ada beberapa faktor pertimbangan sebuah media digunakan dalam proses pembelajaran, antara lain, ketepatannya dengan tujuan pembelajaran, dukungan terhadap bahan pembelajaran, kemudahan memperoleh media, dan keterampilan dalam menggunakannya.

PEMAHAMAN TENTANG LCD (Liquid Crystal Display)
Teknologi liquid crystal displays (lcd) menawarkan beberapa kemajuan dibanding peraga (display) tradisional yang masih mengandalkan teknologi usang. Sebut saja misalnya peraga tabung sinar katoda (cathode-ray tube display) atau lebih dikenal dengan nama CRT. Peraga dengan teknologi LCD sangat ideal untuk diaplikasikan.
Keunggulan peraga LCD terutama karena bentuk layarnya yang datar (flat) dan hanya menggunakan elemen kecil sehingga energi yang dibutuhkan juga kecil. LCD lebih memudahkan pembacaan dan menciptakan kenyamanan kerja di depan komputer dalam waktu lama. Hal ini berbeda dengan penggunaan layar CTR yang memiliki banyak keterbatasan sudut pandang, tingkat kecerahan dan kontras yang rendah, serta berbiaya tinggi. Memang, riset mengenai layar CTR terus dilakukan untuk meminimalisasi berbagai keterbatasan yang ada. Namun, hasilnya belum signifikan.


METODOLOGI PENELITIAN
Metode yang digunakan dalam melaksanakan penelitian ini adalah observasi, wawancara dan tes. Observasi digunakan seabagai pengamatan dan pencatatan terhadap gejala yang tampak pada objek penelitian sedangkan bentuk wawancara yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara bebas di mana dalam pelaksanaannya lebih bersifat informal dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi pada saat wawancara berlangsung. Tes yang digunakan adalah untuk mengetahui seberapa besar prestasi belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi.
HASIL ANALISA
Dari hasil penelitian tindakan kelas selama siklus I sampai siklus II dilakukan pengelompokkan hasil-hasil nilai ulangan. Hal ini agar lebih mudah menganalisanya. Sedangkan analisa data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik sederhana yaitu menggunakan analisa deskriptif.
Dari hasil analisa diperoleh kenaikan yaitu sebagai berikut.
  1. Untuk nilai kurang dari 90 antara siklus I dan siklus II mengalami kenaikan dari 6 siswa menjadi 11 siswa.
  2. Daya tarik siswa dalam menggunakan multimedia LCD dilihat dari keaktifannya mengalami peningkatan antara siklus I dan siklus II yaitu yang aktif 29 siswa menjadi 34 siswa.
GRAFIK PENINGKATAN NILAI RATA-RATA KELAS SEBELUM DAN SESUDAH PEMAKAIAN SISTEM PEMBELAJARAN DENGAN LCD
(Minggu pertama sebelum dan minggu kedua sampai keempat sesudah)
Peningkatan rata-rata kelas pada bulan I, II, III, IV mengalami peningkatan rata-rata kelasnya dalam pemakaian LCD untuk pembelajaran ekonomi.

KESIMPULAN
Setelah peneliti cermati selama dalam kegiatan penelitian tindakan kelas dari proses sampai diperoleh hasil menunjukkan bahwa dengan menggunakan multi media dapat meningkatkan daya  tarik siswa dalam pembelajaran ekonomi dan dengan menggunakan multimedia prestasi belajar siswa pada pembelajaran ekonomi lebih meningkat.Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah rincian simpulan pada penelitian tindakan kelas:
1.       Dengan menggunakan multimedia dapat meningkatkan daya tarik siswa dalam pembelajaran ekonomi. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam menggunakan multimedia pada siklus I 80,5%, dan pada siklus II 94,5 %.
2.       Dengan penggunaan multimedia, prestasi belajar siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Padangan, pada pembelajaran ekonomi lebih meningkat. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai ulangan harian pada siklus I dengan predikat baik, interval 90-100 adalah 16,6 % dan pada siklus II predikat baik internal nilai 90-100 adalah 30,5 %.
DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi, Abu, 2002, Psikologi Sosial, Rineka Cipta: Jakarta
Al-Maliky, Ekky, 2003, Why Not? Remaja Doyan Filsafat, Darr!Mizan: Bandung
Kardinan, dkk,  2006. IPS Ekonomi, Yudistira: Jakarta, 2006
Nurhadi, Suryanto, 2004. IPS Ekonomi Kurikulum 2004, Erlangga: Jakarta

Author

Didunia ini kita akan menemukan banyak ilusi. Dan membaca akan menghilangkan ilusi tersebut dari kehidupanmu, semoga artikel yang bisa kami paparkan bisa bermanfaat bagi anda. Terima Kasih Telah Mengunjungi Web Resmi kami.Salam dari kami segenap pengurus Zona Ekspresi

0 komentar:

Post a Comment

 

© 2015 zona ekspresi.Designed by SMA N 1 PADANGAN

Back To Top